Mengungkapkan Fiero dalam istilah yang paling sederhana akan menjadi ketidakadilan yang besar. Namun, untuk menghargai apa yang telah dicapai oleh "keajaiban" rekayasa Pontiac, pertama-tama Anda harus memahami seperti apa konsep Fiero pada awalnya. Dalam bahasa yang sederhana, Fiero adalah mobil pribadi 2-kursi yang sporty, menarik, sangat hemat bahan bakar, dan sangat bergaya.
Pontiac telah mengambil konsep yang sederhana dan lugas ini dan mengubahnya menjadi contoh nyata dari rekayasa yang sangat inovatif. Ini adalah formula yang telah berhasil dengan baik bagi Pontiac selama bertahun-tahun, dan Fiero mungkin merupakan ekspresi terbaik dari kecakapan rekayasa divisi tersebut hingga saat ini.
Fiero dapat digambarkan sebagai mobil ekonomis. Mobil ini juga dapat dianggap sebagai mobil yang praktis dan tahan lama. Dan, berdasarkan spesifikasi teknisnya saja, Fiero dapat secara sah disebut sebagai mobil sport. Keindahan Fiero adalah bahwa semua mobil ini, disajikan dalam bentuk Pontiac yang sangat dramatis dan indah secara fungsional. Dan yang terbaik dari semuanya, Fiero adalah salah satu contoh terbaik Pontiac tentang apa yang seharusnya menjadi tujuan berkendara: kesenangan murni dan tanpa batas!
Anda akan mengetahui apa yang membuat Fiero bekerja, dan mengapa para insinyur Pontiac mendesainnya seperti itu. Anda akan melihat bahwa Fiero memiliki perpaduan langka dari fitur-fitur individual yang, jika digabungkan, menjadi salah satu mobil paling inovatif dan menarik yang pernah dibuat.
Designing the Fiero
Ketika para insinyur Pontiac mulai merancang Fiero, beberapa keputusan yang sangat mendasar harus dibuat. Karena desain rangka/bodi tradisional telah digantikan oleh struktur unibody pada sebagian besar mobil kontemporer, para insinyur Pontiac mungkin merasa puas dengan jalan ini untuk Fiero. Namun, seperti yang Anda duga, pendekatan yang lebih inovatif diambil untuk Fiero: konsep rangka Space-Frame.
Untuk lebih memahami keunggulan rangka space-frame, Anda harus melihat lebih jauh dari sekadar mobil. Bayangkan desain dasar jembatan gantung biasa, yang terbuat dari penopang baja yang menahan beban secara individual. Bersama-sama, penopang ini membentuk struktur yang sangat kuat.
Keindahan konsep rangka luar angkasa adalah ia sangat kuat di tempat-tempat yang dibutuhkannya, dengan bobot berlebih yang dihilangkan dari keseluruhan struktur.
Mobil balap telah menggunakan konsep rangka luar angkasa hampir sejak awal. Dalam mobil balap, kekakuan struktural menjadi perhatian utama, tetapi kekuatan ini harus dicapai dengan tetap menjaga bobot mobil tetap rendah. Contoh klasik dari konsep rangka luar angkasa digunakan dalam mobil balap NASCAR® Grand National. Di bawah panel bodi mobil stok terdapat jaringan pipa baja kompleks yang membentuk sasis sebenarnya. Pipa-pipa ini disatukan secara strategis seperti rangka, menyisakan ruang, dan menghemat bobot, di area yang tidak kritis.
Mengingat persyaratan desain Fiero, konsep rangka luar angkasa merupakan solusi ideal. Insinyur Pontiac menginginkan Fiero memiliki struktur sasis yang sangat kuat, tetapi mereka perlu menghindari bobot berlebih yang akan berdampak negatif pada penghematan bahan bakar. Rangka luar angkasa Fiero benar-benar sukses. Rangka ini sangat kuat tetapi masih dalam target bobot awal. Selain itu, Fiero telah mencapai salah satu peringkat tertinggi yang pernah tercatat dalam uji keselamatan penghalang GM.
Inovasi Fiero tidak berhenti pada rangka rangka luar angkasa. Ketika Fiero diperkenalkan pada bulan September 1984, mobil ini merupakan mobil produksi pertama dengan 2 tempat duduk dan bermesin tengah yang pernah dibuat oleh produsen Amerika.
Mesin Tengah berarti unit mesin/sistem penggerak ditempatkan di belakang pengemudi, tetapi di depan roda belakang. Tata letak penggerak mesin tengah telah umum di tingkat tertinggi balap internasional sejak awal tahun 60-an, termasuk semua mobil kejuaraan tipe Indy dan mobil Grand Prix Formula 1.
Insinyur Pontiac memutuskan tata letak mesin tengah karena banyak alasan yang sama dengan yang dilakukan oleh desainer mobil balap.
Salah satu tujuan desain Fiero adalah performa pengendalian yang optimal dan seimbang, sehingga penggerak roda belakang menjadi keharusan. Para insinyur Pontiac tahu bahwa untuk mencapai tujuan pengendalian ini, massa berat unit mesin/sistem penggerak harus ditempatkan sedekat mungkin dengan bagian tengah mobil. Mengingat fakta bahwa paket Fiero ringkas, tata letak mesin tengah menjadi pilihan yang paling logis.
Mesin Fiero dipasang melintang, dan sangat mudah diakses untuk servis rutin. Tenaga untuk Fiero disuplai oleh mesin "swirlport" 4 silinder 2,5 liter terbaru dari Pontiac dengan injeksi bahan bakar elektronik, atau V6 2,8 liter yang bertenaga.
Untuk memanfaatkan tata letak mesin tengah Fiero, para insinyur Pontiac menambahkan fitur penting lainnya ke Fiero. Suspensi yang sepenuhnya independen dan kemudi rack and pinion merupakan fitur standar. Karena massa berat sistem penggerak tidak berada di atas roda depan, power steering tidak diperlukan untuk Fiero.
Fiero dilengkapi rem cakram bertenaga empat roda dengan kaliper aluminium ringan untuk performa pengereman yang konsisten. Batang penstabil depan 23 mm merupakan bagian dari paket suspensi Fiero standar.
Fitur desain Fiero bekerja sama untuk menjadikannya salah satu Pontiac dengan performa paling mengesankan dalam sejarah. Satu kali uji coba akan meyakinkan Anda bahwa teknisi Pontiac telah melakukan pekerjaan mereka dengan baik.
The Pontiac Fiero Manufacturing concept: Innovative Assembly
Pontiac Fiero dibuat tidak seperti mobil lain di dunia karena satu alasan yang sangat penting: konsep desainnya yang canggih membutuhkan teknologi perakitan paling canggih yang tersedia. Dan, dalam beberapa kasus, teknologi baru harus dirancang dan dibuat agar pekerjaan dapat diselesaikan dengan benar.
Pakar manufaktur Pontiac memainkan peran utama dalam proses desain Fiero, dan mereka mengembangkan operasi perakitan yang sepenuhnya baru dan unik untuk memastikan bahwa kualitas dirancang dan dibangun, sejak awal. Karena pabrik "rumah" Pontiac dipilih untuk membangun Fiero, manufaktur Pontiac bertanggung jawab atas beberapa teknologi inovatif yang dibutuhkan untuk membangunnya dengan benar, untuk pertama kalinya.
Karena rangka ruang memainkan dasar dan peran penting dalam konsep desain Fiero, manufaktur Pontiac mengambil tanggung jawab untuk membuatnya dan semua stamping baja utama lainnya. Lebih dari 3900 pengelasan individual dilakukan pada rangka ruang selama proses perakitan.
Tiga subrakitan modular dasar (depan, belakang, dan lantai kompartemen) dilas bersama sebagai langkah pertama dalam proses perakitan. Substruktur yang tersisa dipasang di satu stasiun rangka, menggunakan konsep Alat Tunggal. Sementara dalam pengelasan alat tunggal ini, rangka ruang ditusuk secara otomatis sehingga titik pemasangan "bersih" untuk komponen sasis lainnya (seperti dudukan untuk mesin/sistem penggerak) dibuat secara presisi.
Bagian unik dari konsep desain Fiero adalah pemisahan "kesesuaian" kosmetik dari "fungsi" mekanis. Dengan kata lain, panel bodi eksterior dan item trim interior dipersiapkan untuk seluruh proses perakitan, tetapi pemasangannya merupakan salah satu langkah terakhir dalam perakitan akhir.
Hal ini dicapai dengan pemesinan, atau "penggilingan", 39 bantalan dudukan bodi terpisah yang terletak di berbagai titik rangka ruang. Mesin tersebut juga menggunakan titik pengukur "utama" pada cincin rangka pintu untuk menemukan semua lubang pada bantalan pemasangan untuk "pengeboran" yang tepat
Proses ini merupakan yang pertama di industri di seluruh dunia.